Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CEK PIP Nominasi 2023 Kapan Cair

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi anak-anak di Indonesia. Program ini ditujukan bagi siswa dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat mendapatkan akses pendidikan yang layak dan memperoleh kesempatan yang sama dalam mengembangkan potensi diri.
PIP Nominasi 2023 Kapan Cair


PIP mencakup beberapa komponen, antara lain:
  • Bantuan Siswa Miskin (BSM): Program ini memberikan bantuan keuangan bulanan kepada siswa dari keluarga miskin agar mereka dapat memenuhi kebutuhan pendidikan, seperti biaya sekolah, buku, seragam, dan transportasi.
  • Bantuan Operasional Sekolah (BOS): Program ini memberikan bantuan dana kepada sekolah untuk membiayai kegiatan operasional, termasuk pembelian buku, alat tulis, pembayaran guru, dan perbaikan infrastruktur sekolah.
  • Beasiswa: Program ini memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Program ini mendukung pendidikan anak usia dini melalui peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun.
Melalui Program Indonesia Pintar, pemerintah berupaya untuk memperbaiki aksesibilitas pendidikan di Indonesia, mengurangi kesenjangan pendidikan antara siswa dari keluarga mampu dan tidak mampu, serta mendorong peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan.

PIP nominasi 2023 kapan cair? Simak cara cek saldo sudah masuk rekening atau belum, lewat HP tanpa login pip.kemdikbud.go.id, di sini.

Program Indonesia Pintar atau PIP 2023 merupakan salah satu bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada para siswa di tanah air dalam bentuk uang tunai hingga Rp 1 juta.

Program PIP 2023 ini bertujuan untuk mencegah siswa keluar atau drop out dari sekolah, serta membantu memenuhi kebutuhan siswa selama belajar di sekolah.

Siswa yang terdaftar sebagai penerima PIP 2023 bisa dapat uang tunai hingga Rp 1 juta yang cair melalui nomor rekening BRI (siswa SD dan SMP), BNI (siswa SMA) dan BSI (siswa di Aceh).

Siswa yang sekolah di bawah naungan Kemdikbud bisa mengetahui apakah dirinya terdaftar sebagai penerima PIP 2023 atau tidak, dengan cara cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di link pip.kemdikbud.go.id.

Jika terdaftar sebagai penerima PIP 2023 di link pip.kemdikbud.go.id, maka siswa akan mendapatkan dua pemberitahuan atau status yang tertera di link tersebut, yakni sebagai berikut:

1. SK pemberian: Artinya dana PIP milik siswa sudah masuk ke rekening

2. SK nominasi: artinya siswa terdaftar sebagai penerima PIP namun belum melakukan aktivasi rekening dan saldo belum masuk rekening.

Sebagai informasi, saldo PIP 2023 ini cair melalui nomor rekening BNI, BRI, atau BSI. Siswa yang terdaftar di pip.kemdikbud.go.id dan menerima SK nominasi artinya belum memiliki rekening.

Sehingga mereka harus melakukan aktivasi rekening ke bank dengan membawa beberapa dokumen berikut ini:

- Surat keterangan aktivasi rekening dari kepala sekolah

- Kartu identitas, bisa berupa kartu anak, KTP, atau kartu pelajar

- Formulir pembukaan atau aktivasi rekening yang bisa didapatkan dari bank.

Setelah melakukan aktivasi rekening, siswa akan mendapatkan buku tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan kartu debit atau ATM.

Setelah itu saldo hingga Rp 1 juta akan ditransfer ke nomor rekening tersebut dan notifikasi atau status di link pip.kemdikbud.go.id akan berubah menjadi SK pemberian.

Selain SK pemberian, laman pip.kemdikbud.go.id juga akan menampilkan beberapa informasi lain, di antaranya sebagai berikut:

1. Nama siswa penerima PIP

2. Sekolah tempat siswa belajar

3. Wilayah atau alamat siswa sekolah

4. Bank yang digunakan untuk menyalurkan bantuan

5. Status: dana sudah masuk tanggal berapa.

Lantas, kapan saldo PIP akan masuk ke rekening usai melakukan aktivasi ke siswa yang masih tercatat di SK nominasi?

PIP Nominasi 2023 Kapan Cair?

Informasi seputar jadwal penyaluran dana PIP 2023 kapan masuk ke rekening merupakan kewenangan Puslapdik Kemdikbud.

Siswa hanya bisa melakukan pengecekan rekening dan status SK nominasi berubah menjadi SK pemberian di link pip.kemdikbud.go.id secara berkala.

Sebagai informasi, dikutip dari puslapdik.kemdikbud.go.id, saldo PIP 2023 akan segera cair lagi ke 325.230 siswa kelas akhir, yakni kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA/sederajat.

Siswa kelas 6, 9, dan 12 juga diminta untuk melakukan aktivasi rekening maksimal sebelum 30 Juni 2023 jika terdaftar dengan status SK nominasi di pip.kemdikbud.go.id.

Cara Cek Saldo PIP Lewat HP

Siswa yang sudah melakukan aktivasi rekening bisa cek saldo PIP apa sudah masuk ke rekening atau belum, melalui HP.

Caranya yakni dengan menginstal aplikasi mobile banking dari bank atau nomor rekening yang sudah diaktivasi, tanpa perlu login ke link pip.kemdikbud.go.id.

Jika saldo PIP sudah masuk rekening, maka akan muncul nominal sebesar dana yang cair sesuai jenjang pendidikan di mobile banking tersebut.

Berikut besaran saldo PIP 2023 yang akan diterima oleh masing-masing siswa di setiap jenjang pendidikan:

1. Kelas 1 dan 6 SD: Rp 225 ribu

2. Kelas 2-5 SD: Rp 450 ribu

3. Kelas 7 dan 9 SMP: Rp 325 ribu

4. Kelas 8 SMP: Rp 750 ribu

5. Kelas 10 dan 12 SMA: Rp 500 ribu

6. Kelas 12 SMA: Rp 1 juta

Itulah informasi PIP nominasi 2023 kapan cair dan cara cek saldo sudah masuk rekening atau belum, lewat HP tanpa login pip.kemdikbud.go.id.

"Keyword"

"nominasi pip"

"siswa nominasi pip adalah"

"sk nominasi pip 2023"
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "CEK PIP Nominasi 2023 Kapan Cair"