Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cek PIP 2023 Mudah Lewat HP di pip.kemdikbud.go.id Input NIK NISN, Begini Cara Lihat Sudah Disalurkan Belum

Cek PIP 2023 Mudah Lewat HP di pip.kemdikbud.go.id Input NIK NISN, Begini Cara Lihat Sudah Disalurkan Belum. Cara Cek PIP 2023 di Pip.kemdikbud.go.id: Panduan Lengkap untuk Siswa dan Orang Tua

Cek PIP 2023 Mudah Lewat HP di pip.kemdikbud.go.id Input NIK NISN, Begini Cara Lihat Sudah Disalurkan Belum

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program bantuan sosial yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan. PIP merupakan salah satu bentuk implementasi dari Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang berupa bantuan tunai yang disalurkan melalui rekening bank.

Untuk tahun 2023, Kemendikbudristek menargetkan jumlah penerima PIP mencapai 20,1 juta siswa dari jenjang SD, SMP, SMA, dan sederajat. Besaran bantuan yang diberikan bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan, yaitu Rp 450.000 per tahun untuk SD, Rp 750.000 per tahun untuk SMP, dan Rp 1.000.000 per tahun untuk SMA.

Untuk mengetahui apakah siswa berhak menerima PIP atau tidak, Kemendikbudristek menyediakan situs resmi pip.kemdikbud.go.id yang dapat diakses oleh siswa maupun orang tua. Di situs ini, pengguna dapat melakukan pengecekan data penerima PIP dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Berikut adalah panduan lengkap cara cek PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id:
  • Buka situs pip.kemdikbud.go.id di browser pilihan Anda.
  • Pada halaman utama, klik menu "Cek Data Penerima".
  • Masukkan NIK dan NISN siswa pada kolom yang tersedia.
  • Isi jawaban captcha yang muncul di bawah kolom NISN.
  • Klik tombol "Cek Penerima".
  • Jika siswa terdaftar sebagai penerima PIP, maka akan muncul informasi mengenai nama siswa, sekolah, jenjang pendidikan, sumber data penerima, status penyaluran bantuan, dan nomor rekening bank penerima.
  • Jika siswa tidak terdaftar sebagai penerima PIP, maka akan muncul pesan "Data tidak ditemukan".
  • Jika NIK atau NISN yang dimasukkan salah atau tidak valid, maka akan muncul pesan "NIK atau NISN tidak valid".
Situs pip.kemdikbud.go.id juga menyediakan informasi lainnya terkait dengan program PIP, seperti syarat dan mekanisme pendaftaran, jadwal penyaluran bantuan, daftar bank penyalur bantuan, serta tata cara aktivasi rekening bank penerima bantuan.

Selain itu, situs ini juga menyediakan layanan pengaduan bagi siswa atau orang tua yang mengalami kendala atau masalah terkait dengan program PIP. Pengaduan dapat dilakukan melalui menu "Pengaduan" yang terdapat di halaman utama situs.

Demikianlah panduan lengkap cara cek PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui status penerimaan bantuan PIP untuk tahun 2023.

Sumber : beritadiy.pikiran-rakyat.com
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "Cek PIP 2023 Mudah Lewat HP di pip.kemdikbud.go.id Input NIK NISN, Begini Cara Lihat Sudah Disalurkan Belum"