Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Desil dalam KIP Kuliah? Begini Penjelasannya

Apa Itu Desil dalam KIP Kuliah? Begini Penjelasannya. Desil adalah singkatan dari Daftar Ekslusif Sistem Informasi Layanan (DESIL). Desil merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima KIP Kuliah, yaitu program bantuan biaya pendidikan tinggi dari pemerintah. 
Apa Itu Desil dalam KIP Kuliah? Begini Penjelasannya


Desil menunjukkan tingkat kesejahteraan sosial ekonomi keluarga calon penerima KIP Kuliah. Desil dibagi menjadi 10 kelompok, dari desil 1 yang paling miskin hingga desil 10 yang paling kaya.

Untuk mendapatkan KIP Kuliah, calon penerima harus terdaftar dalam desil 1 atau desil 2. Desil ini ditentukan berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial. DTKS merupakan basis data yang berisi informasi tentang keluarga miskin dan rentan di Indonesia. DTKS diperbarui setiap tahun melalui pendataan sosial oleh petugas pendata.

Cara mengecek desil keluarga adalah dengan mengakses laman https://cekdiri.kemensos.go.id/ dan memasukkan nomor kartu keluarga atau nomor induk kependudukan. Jika keluarga terdaftar dalam desil 1 atau desil 2, maka calon penerima dapat melanjutkan proses pendaftaran KIP Kuliah melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Jika keluarga tidak terdaftar dalam desil 1 atau desil 2, maka calon penerima tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan KIP Kuliah.

Desil adalah salah satu indikator penting untuk mengukur kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia. Dengan adanya desil, pemerintah dapat menyalurkan bantuan sosial secara tepat sasaran kepada keluarga yang membutuhkan. Salah satu bantuan sosial tersebut adalah KIP Kuliah, yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi bagi anak-anak miskin dan rentan di Indonesia.

Sumber : detik.com
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "Apa Itu Desil dalam KIP Kuliah? Begini Penjelasannya"