Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TERBARU! CEK PIP KEMDIKBUD 2023 TAHAP 2 KAPAN CAIR

PIP Kemdikbud 2023 Tahap 2 Kapan Cair. PIP Kemdikbud 2023 kapan cair? Cek estimasi jadwal dan nama penerima di pip.kemdikbud.go.id.

pip kemdikbud go id 2023

Program "Indonesia Pintar" adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama untuk masyarakat yang kurang mampu secara finansial. Program ini mencakup beberapa inisiatif, antara lain:

Bantuan Pendidikan: Program ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada siswa-siswi dari keluarga kurang mampu untuk membiayai pendidikan mereka. Bantuan ini dapat digunakan untuk membeli buku, seragam, dan keperluan pendidikan lainnya.

Bantuan Operasional Sekolah: Program ini memberikan bantuan berupa dana operasional kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan. Dana ini dapat digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan pendidikan seperti pembelian buku, alat tulis, dan peralatan lainnya.

Beasiswa: Program ini memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang berprestasi dan memiliki potensi untuk meraih prestasi lebih tinggi di masa depan.

Peningkatan Kualitas Guru: Program ini memberikan pelatihan dan pengembangan kepada guru-guru di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas.

Program Indonesia Pintar diluncurkan pada tahun 2012 oleh pemerintah Indonesia dan terus berlanjut hingga saat ini. Program ini diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia serta membantu mengurangi kesenjangan sosial antara kelompok masyarakat yang berbeda.

Program Indonesia Pintar atau PIP Kemdikbud 2023 akan berlanjut ke tahap 2, setelah penyaluran untuk nominasi penerima tahap 1 dilakukan di bulan April 2023.

Penyaluran PIP Kemdikbud 2023 tahap 2 ditujukan untuk nominasi penerima di periode selanjutnya yang ditandai layak sebagai penerima bantuan di Dapodik atau diusulkan oleh pihak sekolah.

Penyaluran PIP Kemdikbud 2023 tahap 2 tidak berlaku bagi penerima yang sudah mendapatkan bantuan di tahap 1, karena pencairan bantuan ini hanya berlangsung satu kali dalam satu tahun untuk per penerima.

PIP Kemdikbud merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

PIP Kemdikbud 2023 menyasar peserta didik jenjang SD, SMP, dan SMA/sederajat.

Besaran bantuan yang diberikan untuk penerima PIP berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Berikut rincian besaran bantuan PIP Kemdikbud untuk setiap jenjang pendidikan:

  • Siswa SD/SDLB: Rp 450 ribu.
  • Siswa SMP/SMPLB: Rp 750 ribu.
  • Siswa SMA/SMK/SMALB: Rp1 juta.
Prioritas penerima PIP Kemdikbud adalah siswa yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kendati demikian, siswa yang tidak memiliki KIP juga bisa mengusulkan diri jadi penerima PIP melalui pihak sekolah dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Bagi siswa yang sudah mengusulkan diri agar jadi penerima bansos tersebut, segera cek nama di pip.kemdikbud.go.id siapa tahu terdaftar sebagai penerima PIP Kemdikbud 2023 tahap 2.

Berikut cara cek nama penerima PIP Kemdikbud 2023 tahap 2:

  • Masuk ke website pip.kemdikbud.go.id lewat browser atau Google
  • Masukan NISN dan NIK di kolom “Cari Penerima PIP”.
  • Masukan hasil perhitungan.
  • Lalu klik “Cek Penerima PIP”.
Apabila nama siswa terdaftar sebagai penerima PIP Kemdikbud 2023 maka sistem akan menampilkan data diri peserta didik.

Jika sudah memastikan diri terdaftar sebagai penerima, selanjutnya tinggal menunggu surat undangan pengambilan buku tabungan dan ATM untuk pencairan dana bantuan PIP Kemdikbud 2023 tahap 2.

Sampai hari ini sendiri belum ada informasi kapan pencairan PIP Kemdikbud 2023 akan dilakukan.

Namun jika mengacu skema tahun lalu, jadwal pencairan PIP tahap 2 berlansung antara bulan Mei hingga September.

Untuk mengetahui informasi soal jadwal pencairannya, peserta didik atau wali murid dihimbau rutin mengecek akun Instagram @sobatpip atau @disdikdkijakarta.

Demikianlah informasi estimasi jadwal PIP Kemdikbud 2023 tahap 2 kapan cair dan cara cek nama penerima di pip.kemdikbud.go.id. Semoga bermamfaat!

Penelusuran terkait
  • pip kemdikbud go id 2023
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "TERBARU! CEK PIP KEMDIKBUD 2023 TAHAP 2 KAPAN CAIR"