Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CEK Jadwal Buka KIP Kuliah 2023

Jadwal Buka KIP Kuliah 2023. Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah sebuah kartu identitas dan kartu debit yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Jadwal Buka KIP Kuliah 2023

Kartu ini diberikan kepada siswa-siswa dari keluarga miskin atau kurang mampu yang terdaftar dalam Program Indonesia Pintar (PIP).

Kartu Indonesia Pintar memiliki beberapa fungsi utama, antara lain:

Identifikasi Siswa: 
Kartu ini berfungsi sebagai kartu identitas siswa, yang mencakup informasi pribadi seperti nama, nomor identitas siswa, alamat, dan sekolah yang diikuti.

Akses Bantuan Keuangan: 
Kartu ini juga berfungsi sebagai kartu debit yang terhubung dengan rekening bank, yang digunakan untuk menerima dan mengakses bantuan keuangan dari Program Indonesia Pintar. Bantuan keuangan ini dapat digunakan untuk membayar biaya pendidikan, seperti biaya sekolah, seragam, buku, dan keperluan pendidikan lainnya.

Mekanisme Transaksi: 
Kartu Indonesia Pintar memungkinkan siswa untuk melakukan transaksi non-tunai dengan menggunakan kartu debitnya. Siswa dapat menggunakan kartu ini untuk membeli barang atau jasa yang berkaitan dengan pendidikan, seperti membeli buku di toko buku atau membayar uang makan di kantin sekolah.

Penerima Kartu Indonesia Pintar ditentukan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti tingkat pendapatan keluarga, kondisi ekonomi, dan status sosial. Kartu ini diberikan kepada siswa-siswa yang memenuhi syarat dalam rangka mendukung akses pendidikan yang lebih baik dan merata bagi siswa-siswa dari keluarga kurang mampu.

Dengan adanya Kartu Indonesia Pintar, diharapkan bahwa siswa-siswa dari keluarga miskin atau kurang mampu dapat lebih mudah mengakses pendidikan dan memperoleh bantuan keuangan yang diperlukan untuk mendukung keberlangsungan pendidikan mereka.

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 telah dibuka sejak Februari lalu untuk jalur SNBP. Hal ini juga menandakan pembukaan pendaftaran KIP Kuliah pada tahun ini. Lantas, kapan terakhir pendaftaran KIP Kuliah 2023?

Menurut situs Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemdikbud, penutupan pendaftaran KIP Kuliah 2023 akan jatuh pada 31 Oktober 2023. Jadwal ini mengikuti seluruh tahapan penerimaan mahasiswa baru baik di PTN maupun PTS. Kemudian pengumuman penerima KIP Kuliah akan diumumkan pada 1 Juli hingga 31 Oktober 2023.

Pendaftaran beasiswa ini dibuka setiap tahunnya dan terbuka bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi kurang. Bagi penerima KIP Kuliah, nantinya akan mendapat bantuan biaya pendidikan, tunjangan biaya hidup, hingga pelatihan kapasitas diri.

Jika detikers tertarik mendaftar KIP Kuliah, bisa simak syarat hingga jadwal KIP Kuliah 2023 berikut.

Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2023
  1. Pendaftar KIP Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  4. Mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  5. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditasi C dengan pertimbangan tertentu.
Kriteria Peserta Layak KIP Kuliah 2023

Lulusan SMA, SMK, atau sederajat
Penerima KIP Kuliah Merdeka adalah siswa dan siswi lulusan SMA, SMK, atau sederajat yang lulus pada tahun 2023 ini atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya, yakni tahun 2022 atau 2021.

Lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

Kedua, siswa dan siswi tersebut lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Potensi Akademik Baik dan Berasal dari Keluarga dengan Keterbatasan Ekonomi

Siswa dan siswi memiliki potensi akademik baik tetapi berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.

Cara Daftar KIP Kuliah 2023
  1. Melakukan pendaftaran melalui di web Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.
  2. Input data pada NIK, NPSN, NISN, dan alamat email yang aktif.
  3. Apabila data yang diinput berhasil divalidasi, sistem KIP kuliah akan mengirimkan Nomor
  4. Lakukan pendaftaran dan Kode Akses melalui alamat email yang didaftarkan.
  5. Lakukan pendaftaran hingga selesai di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih (SNBP, SNBT, Mandiri, dan seterusnya).
  6. Apabila diterima di perguruan tinggi, pendaftar kemudian boleh melakukan verifikasi kepada perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Registrasi Akun/Pendaftaran KIP Kuliah 2023: 14 Februari-31 Oktober 2023

Penetapan Penerima Baru: 1 Juli-31 Oktober 2023
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "CEK Jadwal Buka KIP Kuliah 2023"