Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CEK PIP 2023 ANAK SD - SMA CAIR

PIP 2023 Anak SD - SMA Cair. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai bantuan sosial atau Bansos PIP 2023 untuk anak sekolah di jenjang SD hingga SMA sederajat cair.

https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn daftar nama penerima kartu indonesia pintar cara cek pip sd yang belum dicairkan cara daftar pip kemdikbud go id 2023 daftar pip online kemdikbud.go.id login cara cek pip lewat hp 2023 online sipintar pip

Bansos Program Indonesia Pintar atau PIP 2023 merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin. Bansos sudah cair untuk SD hingga SMA.

Dikutib dari kanal Youtube INFO Bansos pada tanggal 1 April 2023 yang mengatakan bahwa pada bulan April 2023 ini bantuan PIP yang merupakan bantuan ekstra untuk para KPM PKH karena bantuan PKH itu sendiri merupakan komponen pendidikan sebagai syarat bagi Penerima PKH termasuk peserta didik dari jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

Ada kabar baik untuk para Penerima manfaat dari Bansos PIP 2023, dikabarkan bahwa bantuan tersebut akan cair paling cepat pada tanggal 1 April 2023.

Diketahui bahwa bantuan PIP perihal pencairannya ini didasarkan dari surat keputusan yang berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yaitu pada pusat layanan pembiayaan pendidikan tentang penyaluran dana PIP 2023 dengan nomor 0567/J5/LP.01.00/2023

Di dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbudristek telah menetapkan dan menyalurkan dana PIP tahun 2023 untuk para peserta didik di jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa bantuan PIP 2023 ini diberikan kepada para peserta didik yang namanya sudah tercantum di dalam Data Pokok Pendidikan atau Dapodik dengan DTKS dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem atau PPPKE yang telah memiliki rekening Simpel yang aktif sebagai penerim dari bantuan PIP pada tahun anggaran 2023.

Surat Keputusan atau SK pemberian PIP pada tahun 2023 dan data peserta didik yang menerima bantuan PIP dapat diunduh melalui aplikasi SIPINTAR atau melalui website PIP resmi yaitu PIP.kemdikbud.go.id oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Kabupaten atau Kota dan sekolah.

Untuk besaran dana Bansos PIP yang akan diterima oleh para Penerima manfaat sesuai dengan yang tertuang pada SK pemberian PIP.

Bantuan sosial atau Bansos PIP yang akan disalurkan untuk peserta didik pada jenjang SD dan SMP akan disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Sedangkan Bansos PIP yang akan disalurkan untuk peserta didik pada jenjan SMA sederajat akan disalurkan melalui Bank Negara Indonesia atau BNI.

Untuk penarikan dana bantuan PIP 2023 ini harus dilakukan secara langsung oleh peserta didik, orang tua atau wali.

Para Penerima manfaat Bansos PIP 2023 dapat mengecek apakah namanya terdaftar sebagai Penerima bantuan PIP atau tidak.

CARA CEK PENERIMA BANSOS PIP 2023

Berikut ini merupakan cara cek Penerima Bansos PIP 2023, yaitu:

  • Buka situs PIP.kemdikbud.go,id
  • Cari bagian ‘Cari Penerima PIP’
  • Lalu isi NISN, NIK, dan ketik hasil perhitungan yang tertera di layar
  • Setelah itu, klik ‘Cek Penerima PIP’
Jika nama Anda tertera pada layar sebagai Penerima manfaat bantuan PIP pada tahun 2023, maka sudah dapat dipastikan bahwa dana bantuan sudah masuk ke dalam rekening Simpel dan siap untuk dicairkan.

Namun jika tahun penyaluran masih tahun lalu atau masih bertuliskan ‘meminta’ maka Anda dapat menunggu hingga tahun penyaluran dana PIP berubah menjadi tahun 2023.

Demikianalan informasi mengenai bantuan sosial atau Bansos PIP 2023 untuk anak sekolah di jenjang SD hingga SMA sederajat cair. Semoga bermamfaat untuk semuanya!

Penelusuran terkait
  • https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn
  • daftar nama penerima kartu indonesia pintar
  • cara cek pip sd yang belum dicairkan
  • cara daftar pip kemdikbud go id 2023
  • daftar pip online
  • kemdikbud.go.id login
  • cara cek pip lewat hp 2023 online
  • sipintar pip
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "CEK PIP 2023 ANAK SD - SMA CAIR"