Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

KENAPA SERVER KIP KULIAH ERROR? CEK PENYEBAB DAN SOLUSI MENGATASINYA

Kenapa Server KIP Kuliah Error? Cek Penyebab dan Solusi Mengatasinya. Berikut adalah informasi Terbaru tentang kenapa web KIP Kuliah error? Inilah sebab dan solusi mengatasinya.

login kip kuliah snpmb kenapa akun kip kuliah tidak bisa login

Hingga pantauan pada Jumat (31/3) pukul 12.03 WITA, laman KIP Kuliah masih error belum dapat diakses. Padahal, banyak siswa yang ingin mendaftar SNBT 2023 dengan KIP Kuliah tersebut.

Lalu, kenapa web KIP Kuliah error?

Mengutip Kompas.com, Tim Teknis KIP Kuliah Sony H Wijaya membenarkan bahwa situs KIP Kuliah error.

"Sejak siang ini, ada lonjakan akses di SIM KIP Kuliah pasca pengumuman SNBP. Kebetulan pada saat ini kami juga sedang percepatan pencairan Semester Genap 2022/2023," ucapnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Berdasarkan hasil investigasi Tim Teknis KIP Kuliah, terdapat beberapa aktivitas Perguruan Tinggi yang menjadi penyebab situs KIP Kuliah error.

"Hasil investigasi kami, (penyebab error) di antaranya Perguruan Tinggi sedang proses percepatan pencairan, melakukan proses verval mahasiswa KIP Kuliah yang diterima seleksi SNBP," terang Sony.

Selain itu, tingginya lonjakan siswa peserta KIP Kuliah yang tidak lulus seleksi SNBP dan melakukan pendaftaran seleksi SNBT KIP Kuliah juga menyebabkan situs KIP Kuliah menjadi bermasalah.

Solusi mengatasi situs KIP Kuliah error

Selama situs KIP Kuliah masih mengalami kendala, Sony mengimbau kepada para peserta untuk menghubungi help desk KIP Kuliah apabila ingin bertanya seputar KIP Kuliah.

"Ada juga via ULT Kemendikbudristek dan IG Puslapdik," imbuh dia.

Selain itu, para peserta juga bisa mengakses laman KIP Kuliah secara berkala.

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 jalur UTBK SNBT dibuka sejak 22 Maret hingga 18 April 2023. Siswa yang tengah mendaftar SNBT juga bisa sekaligus mendaftar KIP Kuliah secara online.

Adapun keunggulan dari KIP Kuliah 2023 ini yaitu pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi, pembebasan biaya kuliah dan memperoleh bantuan biaya hidup.

Siswa peserta KIP Kuliah 2023 yang akan mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi melalui jalur UTBK SNBT 2023 diharapkan untuk segera memilih UTBK SNBT di Menu Seleksi SIM KIP Kuliah, sebagaimana dikutip dari Instagram resmi @puslapdik_dikbud.

Apabila menu seleksi belum muncul, silakan lengkapi berkas KIP Kuliah 2023 terlebih dahulu.

Untuk melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2023, silakan KLIK DI SINI.

Proses sinkronisasi dengan sistem SNPMB UTBK SNBT 2023 akan dilakukan mulai tanggal 23 Maret hingga 14 April mendatang.

Pendaftaran UTBK SNBT 2023

Pendaftar program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 bisa mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 secara gratis.

Gratis biaya UTBK 2023 ini berlaku untuk calon mahasiswa yang masuk dalam kategori pemegang KIP Kuliah non-bayar biaya UTBK SNBT 2023.

Sementara itu, calon mahasiswa yang pendaftar KIP Kuliah 2023 yang tidak masuk kategori tersebut masih harus yang membayar biaya UTBK sebesar Rp 200.000.

Mengutip dari akun Instagram resmi KIP Kuliah, dijelaskan apabila calon mahasiswa pemegang KIP Kuliah non-bayar biaya UTBK, maka dapat melihat nomor KIP Kuliah dengan kotak bertuliskan "Terdaftar (gratis biaya UTBK)".

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI no.4/PMK.02/2023, besaran tarif seleksi nasional yang ditetapkan oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial ditetapkan sebesar Rp 0 atau nol rupiah.

Manfaat KIP Kuliah 2023

Pada skema KIP Kuliah Merdeka, mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka akan memperoleh biaya hidup yang besarannya disesuaikan dengan indeks harga daerah dimana kampus pilihan berada berdasarkan kluster yang sudah ditetapkan pemerintah, dengan besaran:
  1. Biaya hidup tahap 1: Rp 800.000 per bulan
  2. Biaya hidup tahap 2: Rp 950.000 per bulan
  3. Biaya hidup tahap 3: Rp 1,1 juta per bulan
  4. Biaya hidup tahap 4: Rp 1,25 juta per bulan
  5. Biaya hidup tahap 5: Rp 1,4 juta per bulan
Kemudian, ada biaya pendidikan yang disesuaikan dengan akreditasi program studi antara lain:
  1. Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi A: maksimal Rp 12 juta per semester
  2. Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi B: maksimal Rp 4 juta per semester
  3. Bantuan biaya kuliah pada program studi terakreditasi C: maksimal Rp 2,4 juta per semester
Dari program KIP Kuliah 2023 ini, Kemendikbud Ristek memberikan kesempatan kepada seluruh siswa di Indonesian untuk bisa menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi di kampus idaman.

Bantuan KIP Kuliah 2023 ini ditujukan untuk siswa yang mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Politeknik Negeri.

Terdapat beberapa syarat penerima KIP Kuliah 2023 lainnya untuk mendaftar, simak selengkapnya berikut dikutip dari kip-kuliah.kemdikbud.go.id:
  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos;
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
Keterbatasan ekonomi sebagai syarat calon penerima KIP Kuliah Merdeka dibuktikan dengan :
  1. kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan, atau
  5. mahasiswa dari keluarga yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Demikianlah informasi tentang Kenapa Server KIP Kuliah Error? Cek Penyebab dan Solusi Mengatasinya. Semoga bermamfaat untuk semuanya

Penelusuran terkait
  • login kip kuliah
  • snpmb
  • kenapa akun kip kuliah tidak bisa login
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "KENAPA SERVER KIP KULIAH ERROR? CEK PENYEBAB DAN SOLUSI MENGATASINYA"