Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CEK SYARAT, DAN JADWAL PENDAFTARAN KIP KULIAH 2023 DIBUKA

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka. Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar-Kuliah atau KIP Kuliah resmi dibuka pada Selasa (14/2/2023). Saat dikonfirmasi, Subkoordinator KIP Kuliah, Muni Ika membenarkan informasi pembukaan pendaftaran KIP Kuliah 2023.

http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran kip kuliah 2023/2024 kapan dibuka syarat kip kuliah 2023 kip-kuliah.kemdikbud.go.id login 2023 universitas yang menerima kip kuliah kapan kip kuliah 2023 cair daftar kip online daftar kip kuliah

"Iya sudah dibuka mulai tanggal 14 Februari 2023," kata Muni kepada Kompas.com, Rabu (15/2/2023) pagi. Muni mengatakan, proses pendaftaran KIP Kuliah 2023 dilakukan melalui laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

KIP Kuliah sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah membantu siswa dengan keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Berikut in merupakan jadwal, syarat, dan tata cara daftar KIP Kuliah 2023:

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2023


Merujuk laman KIP Kuliah, pendaftaran program ini berlangsung pada 14 Februari 2023 hingga 31 Oktober 2023.

Pendaftaran KIP Kuliah berdekatan dengan pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau pengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Adapun SNBP dibuka mulai 16 Februari 2023 dan akan berakhir pada 27 Febuari 2023.

Oleh karena itu, bagi siswa yang ingin mendaftar SNBP 2023 dan berkuliah menggunakan KIP Kuliah, dapat melakukan pendaftaran mulai sekarang.

Sementara itu, penetapan penerima KIP Kuliah baru akan berlangsung mulai 1 Juli 2023 sampai 31 Oktober 2023.

Syarat KIP Kuliah 2023

Tidak semua siswa bisa mendaftarkan diri pada program KIP Kuliah tahun ini. Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi penerima.

Salah satu syarat pendaftaran adalah siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

Berikut syarat lengkap KIP Kuliah 2023:
  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  2. Memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos
  4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (prodi) dengan akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan akreditasi C.
Berikut Ini Cara daftar KIP Kuliah 2023

Setelah memenuhi sejumlah syarat, selanjutnya siswa bisa melakukan pendaftaran di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Berikut merupakan tahapan pendaftaran KIP Kuliah 2023:
  1. Daftar secara mandiri di situs Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah.
  2. Pada saat pendaftaran, masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN, serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan pilih jalur seleksi yang akan diikuti.
  6. Selanjutnya, selesaikan proses pendaftaran di portal SNBP sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, perguruan tinggi akan melakukan verifikasi lebih lanjut sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Bantuan pendidikan yang diterima dari KIP Kuliah

Penerima KIP Kuliah akan mendapatkan bantuan biaya hidup yang dapat digunakan sepenuhnya oleh mahasiswa.

Bantuan biaya hidup ini bertujuan memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk tambahan biaya pendidikan apapun.

Biaya pendidikan diusulkan oleh perguruan tinggi kepada Puslapdik dengan besaran berbeda tergantung akreditasi masing-masing prodi, yakni:
  • Prodi dengan akreditasi A maksimal sampai Rp 12 juta
  • Prodi dengan akreditasi B maksimal sebesar Rp 4 juta
  • Prodi dengan akreditasi C maksimal sebesar Rp 2,4 juta.
Setiap mahasiswa penerima KIP Kuliah berhak mendapatkan bantuan biaya pendidikan. Perguruan tinggi tidak boleh lagi meminta mahasiswa untuk membayar tambahan biaya pendidikan.

Mengacu pada pelaksanaan KIP Kuliah 2022, biaya hidup mahasiswa juga diberikan dalam 5 klaster wilayah biaya hidup yaitu:
  1. Rp 800.000 per bulan
  2. Rp 950.000 per bulan
  3. Rp 1,1 juta per bulan
  4. Rp 1,25 juta per bulan
  5. Rp 1,4 juta per bulan.
Bantuan ini didasarkan pada hasil survei besaran biaya hidup kota atau kabupaten dan survei sosial ekonomi nasional oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Cek Jadwal, Syarat, Cara Daftar, dan Uang Sakunya. Dapatkan update berita pilihan terbaru dan breaking news setiap hari di insanmerdeka.id. Semoga info diatas bermamfaat dan berhasi!

Penelusuran terkait
  • http //kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. pendaftaran
  • kip kuliah 2023/2024 kapan dibuka
  • syarat kip kuliah 2023
  • kip-kuliah.kemdikbud.go.id login 2023
  • universitas yang menerima kip kuliah
  • kapan kip kuliah 2023 cair
  • daftar kip online
  • daftar kip kuliah
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "CEK SYARAT, DAN JADWAL PENDAFTARAN KIP KULIAH 2023 DIBUKA"