Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

APA ITU DESKRIPSI KEADAAN EKONOMI KIP

Deskripsi Keadaan Ekonomi KIP. Pada saat pembuatan akun Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP Kuliah), pendaftar diwajibkan mengisi deskripsi keadaan ekonomi.

Lantas, apa itu deskripsi keadaan ekonomi? deskripsi keadaan ekonomi adalah narasi tentang kehidupan ekonomi keluarga pendaftar.

DESKRIPSI KEADAAN EKONOMI KIP

Narasi ini meliputi pekerjaan orang tua, penghasilan, kondisi kesehatan keluarga, jumlah tanggungan, dan hal-hal lain yang menentukan kondisi ekonomi/keuangan keluarga.

deskripsi keadaan ekonomi perlu diisi dengan baik agar panitia seleksi dapat melihat dengan jelas kebutuhan pendaftar, layak atau tidak untuk menjadi penerima KIP Kuliah 2023.

KIP Kuliah 2023 telah dibuka sejak 14 Februari 2023 dan akan ditutup pada 31 Oktober 2023.

Jadi, pastikan segera melengkapi semua informasi termasuk deskripsi keadaan ekonomi.

Berikut ini merupakan 3 contoh deskripsi keadaan ekonomi untuk pembuatan akun KIP Kuliah 2023.

Contoh Yang Pertama Deskripsi Keadaan Ekonomi Orang Tua Petani/Buruh

Saya anak pertama dari empat bersaudara. Ayah saya bekerja sebagai petani di desa menggarap lahan sawah sewaan. Sementara ibu saya, bekerja sebagai mlijo atau pedagang sayuran.

Saya punya dua adik yang masih sekolah SMP dan SD, dan satu lagi masih balita. Penghasilan ayah dan ibu sebulan kira-kira jika ditotal tidak lebih dari Rp3.000.000.

Uang sebesar itu cukup untuk membeli makanan dan membiayai kebutuhan sekolah kami. Tapi, ayah mengaku kesulitan untuk membiayai kuliah saya.

Oleh sebab itu, saya mendaftar menjadi penerima KIP Kuliah 2023 agar dapat melanjutkan kuliah dan meringankan beban orang tua. Saya lampirkan juga Surat Keterangan Tidak Mampu sebagai dokumen pendukung keadaan ekonomi keluarga.

Contoh Yang Kedua Deskripsi Keadaan Ekonomi Orang Tua Sudah Meninggal


Saya adalah anak tertua dari 3 bersaudara. Adik saya yang satu duduk di bangku SMP, dan yang bungsu masih SD. Dua tahun lalu ayah saya meninggal dunia, dan ibu sekarang jadi tulang punggung keluarga.

Sejak ayah meninggal, ibu membuka toko kelontong di rumah dan melayani juga pesan antar. Hampir setiap hari, saya membantu ibu berjualan dengan menjadi kurir pengantar belanjaan setiap pulang sekolah.

Penghasilan ibu dari berjualan tidak menentu, kadang laris kadang sepi berhari-hari. Saya harap saya dapat terpilih menjadi penerima manfaat dari KIP Kuliah sehingga bisa melanjutkan kuliah.

Contoh Deskripsi Yang Ketiga Keadaan Ekonomi Orang Tua Pegawai/Karyawan


Ayah saya bekerja sebagai penjaga toko bahan bangunan di dekat rumah. Gaji sebulan ayah saya di bawah UMR tempat saya tinggal, untuk membiayai tiga orang anak dan saya adalah anak tertua.

Ibu saya sesekali membantu ayah dengan membuka jasa setrika baju, terutama kalau ada kebutuhan sekolah saya dan adik yang tidak termasuk pengeluaran rutin.

Kondisi ayah saya sekarang juga sering sakit, sehingga sering tidak masuk kerja dan sampai mendapat teguran dari pemilik toko.

Untuk membantu meringankan beban ayah dan ibu, saya mengajukan diri mendaftar dalam program KIP Kuliah dan berharap dapat diterima.

Demikianlah penjelasan tentang Apa Itu Deskripsi Keadaan Ekonomi, dan Lengkap dengan 3 Contoh Deskripsi Keadaan Ekonomi KIP Kuliah 2023, semoga bermamfaat untuk semuanya.
admin Zona Nyaman Kaum Rebahan

Posting Komentar untuk "APA ITU DESKRIPSI KEADAAN EKONOMI KIP"